Memasui Era globalisasi telah membawa dampak yang
sangat pesat bagi perkembangan dan kemajuan teknologi informasi. Kemajuan
teknologi telah menembus batas-batas geografis yang menjadikan dunia tanpa
batas (bordesless world). Selain itu, kemajuan teknologi juga
mempengaruhi pola fikir masyarakat dan pembangunan ekonomi. Kemajuan ini
sesungguhnya menjadikan eksistensi bangsa Indonesia kedepan sangat ditentukan
oleh kiprah dan tingkat keberhasilan sektor pendidikan. Oleh sebab itu, lembaga
pendidikan sejogyanya berorientasi dari orientasi lokal ke orientasi
internasional dan globalisasi. Pendidikan yang ada di sekolah diharapakan harus
menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara kompetitif dan bekerja secara
profesional di semua lingkungan pekerjaan.
Kondisi ini telah menginspirasi
para tokoh dan pegiat pendidikan di Dukuhseti Pati untuk memulai suatu
perubahan menuju sebuah tatanan pendidikan transformatif yang mampu menjawab
permasalahan kekinian. Melalui rekomendasi dari Yayasan Pendidikan Islam
Manahijul Huda (YAPIM) Ngagel, telah terbentuk tim perumus Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) untuk mempersiapkan SDM yang siap menghadapi era kehidupan
global, disamping ketrampilan yang relevan dengan tuntutan pasar juga membentuk
kepribadian yang luhur dalam diri setiap peserta didik. Tim perumus yang
terbentuk tersebut adalah Ahmad Zuberi, S.Pd.I; Drs. Masrukan; Agus Mahfud,
S.Pd; Chairullizza, S.H.I; Ahmad Jami’in, S.Pd; dan H. Habib.
Dalam prosesnya, pertemuan demi
pertemuan telah dilakukan dan menghasilkan suatu konsep dan rumusan pendirian
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan mengambil nama yayasan yang menjadi
payung organisasi, SMK terbentuk dengan nama SMK Manahijul Huda pada bulan
Maret 2010 yang berkedudukan di desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati.
Untuk tahun ajaran pertama, SMK Manahijul Huda mengembangakn bidang keahlian
Teknik Informatika, program keahlian Teknik Komputer dan Informatika,
kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Diharapkan SDM yang
dihasilkan SMK Manahijul Huda ini berkualitas secara intelektual dan keagamaan
dengan mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan antara IPTEK dan IMTAQ
serta mengacu pedoman kurikulum berbasis pada standar kompetensi lulusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar